Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa aki mobil Honda Anda akan segera rusak (atau telah gagal).
1. Tidak Ada Respons Saat Pengapian
Jika mobil Anda tidak hidup ketika Anda
memutar kunci kontak, itu mungkin berarti motor starter tidak mendapatkan daya
dari aki yang mati.
2. Motor Starter Menghidupkan Tapi Mesin Tidak Mau Hidup
Kadang-kadang, motor starter mungkin
berputar perlahan , tetapi mesin tidak mau hidup. Ini
adalah tanda aki mobil mati atau starter rusak.
Jika starter berputar pada kecepatan biasa ,
tetapi mesin masih tidak mau hidup, Anda mungkin memiliki baterai yang bagus,
tetapi ada masalah dengan bahan bakar atau busi.
3. Waktu Engkol yang Lambat
Cuaca dingin mengurangi kinerja baterai,
jadi wajar jika mesin Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk menghidupkan
mesin.
Namun, jika belum ada penurunan suhu ,
dan mesin Anda masih tersendat-sendat sebelum berputar, maka Anda mungkin
mengalami masalah baterai yang lemah, alternator yang buruk, atau starter.
4. Mesin Hidup Tapi Segera Mati
Kadang-kadang kendaraan hidup, tetapi
bukannya berhenti, mesin langsung mati.
Dalam hal ini, daya baterai mungkin cukup
untuk menghidupkan mesin.
Namun, baterai kemudian gagal, menyebabkan
gangguan pada sinyal yang dikirim ke modul kontrol mesin (ECM), dan mesin
kemudian mati.
5. Tidak Ada Lonceng Pintu Atau Lampu Kubah
Biasanya, saat Anda membuka pintu
kendaraan, lampu pintu akan menyala.
Demikian pula, biasanya ada lonceng yang
berbunyi saat kunci dimasukkan ke kunci kontak.
Ketika ini tidak berfungsi sebagaimana
mestinya, aki mobil yang kempes adalah penyebab yang biasa.
6. Tidak Ada Lampu Depan Atau Lampu Depan Redup
Lampu depan yang redup atau berkedip-kedip,
jika dipasangkan dengan mesin yang tidak mau hidup, biasanya mengarah ke
baterai yang lemah. Ini terjadi ketika baterai memiliki daya yang cukup
untuk menyalakan lampu depan tetapi tidak untuk menghidupkan mesin.
Jika lampu depan tidak
menyala sama sekali , kemungkinan aki mobil Anda
mati.
baca : Solusi Jika Aki Mobil Daihatsu Anda Mati
7. Lampu Periksa Mesin Menyala
Lampu Periksa Engine yang menyala bisa
berarti banyak hal, mulai dari alternator yang tidak mengisi daya dengan benar
hingga masalah campuran bahan bakar.
Jangan abaikan jika
lampu ini menyala.
8. Baterai Cacat
Baterai yang bengkak atau kembung adalah
tanda yang jelas dari baterai yang buruk, yang disebabkan oleh penumpukan gas
hidrogen. Ini terjadi ketika alternator kendaraan mengisi daya secara
berlebihan, dan baterai tidak dapat membuang gas dengan cukup cepat.
9. Ada Bau Aneh
Jika Anda melihat baterai asam
timbal Anda bocor , kemungkinan cairannya bukan air
suling tetapi asam baterai.
Jangan menyentuhnya .
Kebocoran sering disertai dengan bau telur
busuk, yang berasal dari kebocoran gas hidrogen sulfida.
10. Terminal Baterai Terkorosi
Korosi adalah
salah satu penyebab paling umum dari masa pakai baterai yang lebih pendek. Muncul
sebagai bubuk biru-hijau pada terminal baterai dan mengurangi kemampuan baterai
untuk menerima muatan.
Sekarang
setelah Anda mengetahui gejala yang terkait dengan baterai mati, apa yang harus
Anda lakukan?
Cara Melompat Menghidupkan Aki Mobil yang
Mati (Panduan Langkah demi Langkah)
Mulai langsung adalah solusi paling umum
untuk aki mobil yang mati.
Jika Anda tidak memiliki jump starter
portabel, Anda memerlukan kendaraan lain yang berjalan untuk bertindak sebagai
mobil donor dan kabel jumper untuk melakukan ini.
Berikut adalah langkah-langkah yang harus
Anda ikuti:
- Siapkan Kabel
Jumper
- Posisikan
Kendaraan
- Hubungkan Kabel
Jumper
- Langsung Mulai
Mobil
- Lepaskan Kabel
Jumper
- Menjaga Mesin
Tetap Berjalan
1. Siapkan Kabel Jumper
Selalu memiliki sepasang kabel jumper yang
baik di kendaraan Anda, atau Anda harus bergantung pada mobil donor untuk
memilikinya.
2. Posisikan Kendaraan
Posisikan kendaraan untuk saling
berhadapan, sekitar 18 inci terpisah. Jangan pernah biarkan mereka
menyentuh.
Pastikan kedua mesin mati, persneling
dipindah ke “Park” atau “Netral” (untuk transmisi otomatis dan manual), dan rem
parkir menyala.
3. Hubungkan Kabel Jumper
Identifikasi terminal positif pada baterai
mati. Biasanya ditandai dengan simbol (+) atau kata “POS”. Terminal
negatif akan memiliki tanda (-) atau kata "NEG."
Sekarang, lakukan ini:
- Pasang klip
kabel jumper merah ke terminal positif (+) dari baterai yang mati
- Pasang klip
kabel jumper merah lainnya ke terminal positif (+) baterai donor
- Pasang klip kabel
jumper hitam ke terminal negatif (-) baterai donor
- Pasang klip
kabel jumper hitam lainnya ke permukaan logam yang tidak dicat pada
kendaraan yang mati (seperti penyangga logam yang menahan kap mesin)
4. Langsung Mulai Mobil
Nyalakan kendaraan, dan diamkan selama
beberapa menit untuk mengisi baterai yang berfungsi.
Kemudian, mulai mobil mati .
Jika mesin mobil mati tidak mau hidup,
biarkan kendaraan yang bekerja berjalan beberapa menit lagi, lalu coba lagi. Jika
mobil mati masih tidak dapat dihidupkan setelah upaya kedua, putar mesin
kendaraan yang sedang berjalan untuk menaikkan output alternator dan coba
hidupkan kembali kendaraan yang mati.
5. Lepaskan Kabel Jumper
Dengan asumsi Anda berhasil menjalankan
kendaraan yang mati, jangan matikan mesinnya !
Lepaskan kabel jumper, dimulai dengan
setiap penjepit negatif terlebih dahulu. Kemudian lepaskan setiap penjepit
positif.
Jangan biarkan kabel saling bersentuhan
saat Anda melakukan ini, lalu tutup kap mesin.
6. Jaga Mesin Tetap Berjalan
Setelah kendaraan mati dan berjalan, kendarai
setidaknya selama 15-20 menit untuk memungkinkan
alternator mengisi ulang baterai.
Namun, jika jump-start Anda gagal, langkah
terbaik berikutnya adalah memanggil mekanik untuk meminta
bantuan, karena Anda mungkin memerlukan baterai baru.
Sekarang setelah Anda tahu cara menstarter
kendaraan Anda, mari kita bahas beberapa FAQ.
7
FAQ Baterai Mobil Mati
Berikut adalah jawaban untuk beberapa FAQ
aki mobil biasa:
1. Apa Penyebab Aki Mobil Mati?
Aki mobil yang mati dapat terjadi karena
banyak alasan yang berbeda, seperti:
- Sebuah komponen
listrik (seperti lampu) tinggal di saat mesin
adalah off
- The mobil
belum digunakan didorong untuk waktu yang lama (baterai
yang terisi penuh akan perlahan self-discharge)
- The kendaraan
alternator tidak mengisi daya baterai
- Terminal
yang terkorosi mengurangi muatan
yang dapat diterima baterai
- Suhu
rendah selama cuaca dingin mungkin telah membekukan
baterai
- Suhu
yang sangat tinggi dalam cuaca
panas dapat melemahkan baterai
2. Mengapa Motor Starter Menggerinda Atau Mengklik?
Klik pengapian yang dikombinasikan dengan no-start dapat menunjukkan
motor starter yang buruk atau masalah dengan solenoid starter. Jika ada suara
gerinda tanpa start, bisa jadi itu suara gigi motor
starter yang tidak sejajar dengan gigi flywheel (atau flexplate).
Engkol terus menerus dalam kondisi ini
dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih serius dan
mahal .
3. Mengapa Baterai Mati
Lagi Setelah Jump Start?
Berikut adalah beberapa alasan mengapa aki
mobil Anda tidak dapat diisi dayanya setelah lompatan awal yang berhasil:
- Mobil tidak
dikendarai cukup lama untuk mengisi ulang baterai hingga penuh
- Sistem
pengisian kendaraan mengalami masalah, seperti alternator atau pengatur
tegangan yang buruk
- Sistem
kelistrikan dibiarkan menyala, menguras baterai
- Baterai terlalu
tua dan tidak dapat diisi daya
4. Bisakah Saya Mengisi Ulang Baterai Mobil yang Mati?
Seringkali, "baterai mobil mati"
hanya berarti baterai itu benar-benar habis dan tegangannya di bawah
12V fungsional . Anda dapat menghidupkan kendaraan yang mati dan
mengendarainya untuk membiarkan alternator mengisi ulang daya baterai.
Atau, Anda dapat memasang
baterai mati ke pengisi daya baterai .
Jika tegangan aki mobil di bawah 12.2V,
Anda mungkin ingin menggunakan pengisi daya tetesan untuk menghindari pengisian
baterai yang berlebihan atau kepanasan.
Jika tidak, hubungi bantuan pinggir jalan
dan biarkan montir menangani aki mobil Anda yang mati .
5. Kapan Aki Mobil yang Mati Benar-Benar Mati?
Baterai mobil dianggap habis penuh pada
11.9V. Namun, jika tegangan turun menjadi
sekitar 10,5V , pelat timbal kemungkinan hampir seluruhnya
tertutup oleh timbal sulfat.
Pengosongan di bawah 10.5V dapat merusak
baterai secara permanen.
Selain itu, jika baterai dibiarkan mati,
timbal sulfat akhirnya terbentuk menjadi kristal yang mengeras yang tidak dapat
dipecah oleh arus alternator atau pengisi daya baterai mobil biasa.
Pada titik ini, Anda mungkin harus
mendapatkan baterai baru.
6. Apa Tanda Alternator Rusak?
Anda bisa memiliki alternator yang rusak
jika kendaraan Anda:
- Lampu depan
redup atau terlalu terang karena arus alternator ke baterai tidak
konsisten
- Mengalami
kesulitan memulai atau sering macet
- Memiliki
komponen listrik yang tidak berfungsi karena alternator tidak memasok arus
yang cukup ke baterai
- Memiliki suara
rengekan atau geraman dari sabuk alternator yang tidak sejajar
7. Hubungi Bengkel Mobil
Honda Tegal?
Menemukan aki mobil yang mati di bawah kap
Anda bisa sangat menegangkan, tetapi jangan biarkan hal itu mengganggu Anda. Solusi
mudah adalah memanggil mekanik Honda Tegal untuk memecahkan masalah atau cukup
memasang baterai baru.
Tidak ada komentar: